Rabu, 04 Mei 2016

Logo dan Makna MGMP IPA


Logo MGMP IPA







MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN
MGMP IPA SMP
KABUPATEN BANGKA BARAT


LOGO MGMP IPA SMP
KABUPATEN BANGKA BARAT

A.      PENDAHULUAN
Sebagai organisasi profesi guru, MGMP IPA  perlu berbenah untuk selalu siap berperan aktif dalam mencapai tujuan pendidikan nasional sesuai UU RI nomor 20 tahun 2003. Selain itu dengan adanya MGMP IPA dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Bangka Barat. MGMP  IPA seharusnya dapat menjadi sebuah organisasi penting yang dapat menampung aspirasi guru, terutama guru IPA. MGMP IPA juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyatukan persepsi dan konsep-konsep pembelajaran sehingga terhindar dari perbedaan  pendapat dengan adanya perubahan baru tersebut. MGMP IPA pada dasarnya adalah suatu wadah yang penting menampung aspirasi dan kreativitas dari para guru sendiri, sehingga dengan adanya pembentukan MGMP IPA di harapkan dapat meningkatkan mutu pendidik di Kabupaten Bangka Barat.
Eksistensi MGMP IPA tidak bisa terabaikan ketika guru-guru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman baru, karenanya MGMP  IPA perlu memiliki identitas, lebih-lebih dalam rangka untuk menunjukkan etos kegiatannya. MGMP harus terus bergerak berperan aktif dan menjaga anggotanya dari ketertinggalan dan dapat memperluas pengetahuan anggotanya. Sebagai sebuah organisasi, MGMP IPA memerlukan identitas khusus sebagai salah satu ciri khas dari sebuah organisasi. Oleh karena itu perlu adanya logo khusus MGMP IPA sebagai salah satu ciri khas dari organisasi tersebut.

B.      PEMBUATAN LOGO
Logo MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat dibuat oleh Pengurus MGMP pada periode Kepengurusan 2015 s.d. 2016 tepatnya di bulan Februari 2016.

C.      TUJUAN PEMBUATAN LOGO
Logo ini dibuat karena selama ini MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat, belum memiliki logo. Mengingat pentingnya logo sebagai salah satu identitas MGMP maka di pandang perlu untuk membuat logo tersebut.  Selain logo MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat, perlu dibuat juga membuat dan memberi Kartu Tanda Anggota kepada semua anggota MGMP.


D.      ARTI LAMBANG MGMP IPA SMP KABUPATEN BANGKA BARAT
Logo MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat memiliki makna sebagai berikut : 
Lambang MGMP IPA terdiri dari:
Simbol
1.      Logo berbentuk perisai yang telah di distilasi (penyederhanaan bentuk). Perisai adalah alat untuk melindungi seseorang dari serangan  musuh dan telah dibuktikan keampuhannya. Perisai dimaksudkan sebagai wadah untuk melestarikan dan melindungi simbol MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat.
2.      Bentuk dasar kelopak bunga teratai digambarkan dengan padma persegi lima bermakna bahwa organisasi profesi tenaga kependidikan yang mewadahi Guru IPA SMP Kabupaten Bangka Barat berasaskan 5 sila dalam Pancasila.
3.      Tulisan MGMP IPA SMP bermakna sebagai identitas dari MGMP IPA.
    1. Simbol mikroskop  bermakna bahwa MGMP IPA berfungsi sebagai sarana untuk melakukan penelitian sebagai salah satu cabang sains.
    2. Simbol daun tumbuhan bermakna bahwa MGMP IPA adalah salah satu wadah untuk mengenal alam dan lingkungan sebagai sarana belajar
    3.  Simbol lampu bermakna bahwa melalui mgmp IPA dapat menumbuhkan ide-ide baru yang cemerlang di masa yang akan datang.
    4. Simbol ion dan ikatan kimia bermakna bahwa MGMP IPA sebagai wahana untuk saling berinteraksi dan bertukar pikiran antara sesama teman sejawat

Warna
       1.      Warna dasar biru muda, mengandung maksud pengabdian yang tak kunjung putus (tanpa batas)      berlandaskan kesetiaan untuk melestarikan organisasi ini sebagai warisan kepada anak cucu              (anak didik) yang sangat luas maknanya demi bekal mengarungi masa depan.

     2.      Warna dasar kuning  muda mengandung maksud organisasi ini selalu berjaya.

     3.      Warna garis hijau  melambangkan kesuburan, kemakmuran dan cinta lingkungan. MGMP IPA         sebagai wadah untuk  mencintai lingkungannya.
     4.    Warna tulisan merah mengandung maksud berani dan bersemangat tinggi pantang menyerah dalam              wadah         MGMP IPA Kabupaten Bangka Barat.


E.      PENGGUNAAN LOGO
Logo MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat  ini digunakan sebagai identitas organisasi, yang dalam kesehariannya oleh Pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat digunakan / diterakan pada kop surat menyurat dinas organisasi, dan keperluan organisasi MGMP lainnya yang relevan.
Logo ini juga dapat digunakan untuk keperluan yang sama oleh Pengurus MGMP IPA SMP di Sub-sub MGMP IPA SMP di Kabupaten Bangka Barat.

 F.      PENUTUP
Sesuai dengan tujuannya, semoga dengan adanya logo ini dapat menginspirasi geraknya organisasi terutama pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Bangka Barat .


Mengetahui
Jebus, 20  Februari 2016
Ketua MGMP IPA



Jadiman Sufersi S.Pd
NIP. 198501012010011033
Sekretaris



Dwi Lestari S.Pd
NIP. 198403102009032004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar